Cara Paling Mudah Sembunyikan File Di Android

hpgadgetandroid - Cara Paling Mudah Sembunyikan File Di Android, Smartphone atau gadget pada jaman sekarang ini sudah bukan lagi termasuk barang mewah, hampir setiap orang kini sudah akrab dengan yang namanya smartphone, dari mulanya ponsel yang hanya berfungsi sebagai sekedar telpon dan sms, kini ponsel sudah berubah menjadi barang pribadi yang mampu digunakan untuk menyimpan data-data penting layaknya sebuah komputer, seperti file foto, dan mungkin beberapa video.

Cara Paling Mudah Sembunyikan File Di Android
Kebiasaan kita yang sering meminjamkan smartphone untuk dipegang orang lain menjadikan data pribadi kita rawan untuk diakses dan disalah gunakan atau bahkan mungkin terhapus secara tidak sengaja. Untuk mengantisipasi masalah ini, maka sekiranya kita perlu memberikan proteksi atau perlindungan terhadap data-data pribadi tersebut dengan cara menyembunyikannya/ hidden file.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk melakukan proteksi ini, bisa dengan aplikasi, atau tanpa aplikasi, untuk menggunakan aplikasi Anda bisa mengambil aplikasinya dari Google PlayStore, dan untuk cara manual atau tanpa aplikasi, Anda bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

Cara Paling Mudah Sembunyikan File Di Android Tanpa Aplikasi

Cara yang paling mudah yaitu dengan melakukan rename atau merubah nama file/folder yang akan di sembunyikan.
- Untuk menyembunyikan file, Anda bisa menggunakan File Manager yang sudah terinstal di Android Anda, seperti ES Explorer, OI file manager, atau Astro manager dan File Manager lainnya. 
Caranya yaitu pertama Anda masuk ke File Manager tersebut, kemudian cari file yang akan di sembunyikan, lalu pilih file nya tap dan tahan sampai muncul opsi atau pilihan "Rename".
Setelah opsi "Rename" dipilih, silahkan ganti ekstensi akhirnya menjadi .txt jika file yang akan Anda sembunyikan berupa gambar atau video.

Contoh: misal nama gambarnya adalah bunga.jpg atau kalau video bunga.3gp, maka rename menjadi bunga.txt, setelah dirubah maka file tersebut tidak akan terihat di gallery, untuk mengembalikannya maka rubah kembali ekstensi akhirnya seperti semula melalui File Manager.

Cara diatas dilakukan apabila Anda hanya memiliki sedikit file penting yang perlu untuk di sembunyikan, karena cara ini harus dilakukan manual secara satu persatu, namun apabila ada banyak file yang harus di amankan, maka sebaiknya Anda mengumpulkan file-file tersebut kedalam satu buah folder.

- Masih menggunakan File Manager, buatlah sebuah folder baru untuk tempat meletakkan data penting Anda, setelah semua datanya di kumpulkan dalam satu folder, silahkan rename nama foldernya dengan cara menambah (.) di depan nama foldernya.

Contoh: nama folder yang akan disembunykan adalah pribadi, maka rubah namanya menjadi .pribadi, untuk mengembalikannya Anda cukup menghapus tanda (.) yang di tambahkan tadi.

Jika cara diatas tidak dapat dilakukan, maka Anda bisa menggunakan opsi kedua yaitu menambahkan file dengan nama .nomedia kedalam folder tersebut.
Caranya masuk kedalam folder yang ingin di sembunyikan, kemudian tambahkan sebuah file kosong dengan nama .nomedia, Nah, untuk menampilkan kembali folder yang di sembunyikan tadi, maka hapus file .nomedia tersebut dari dalam folder.

Itulah tadi beberapa cara mudah untuk menyembunyikan file di Android tanpa Aplikasi, selain mudah untuk dilakukan, karena cara ini tidak menggunakan Aplikasi, maka kinerja smartphone Android Anda akan tetap optimal.
Title : Cara Paling Mudah Sembunyikan File Di Android
Description : hpgadgetandroid - Cara Paling Mudah Sembunyikan File Di Android , Smartphone atau gadget pada jaman sekarang ini sudah bukan lagi termasuk ...